Oct
29

National Hospital Luncurkan Show Unit

Posted By: Admin

NATIONAL HOSPITAL LUNCURKAN SHOW UNIT

Surabaya (29/10) | PT Surabaya Jasa Medika setelah melaksanakan proses tahapan penutupan atap atau topping off gedung National Hospital pada 21 Juli 2011 yang lalu, kini National Hospital meluncurkan show unit di Loop, Graha Famili.

Sinarto Dharmawan menerangkan bahwa pembuatan show unit ini merupakan sebuah perkenalan awal akan fasilitas National Hospital yang modern serta sangat memperhatikan keamanan dan keselamatan pasien. Kepedulian ini dapat dilihat pada penggunakan material bangunan dan perlengkapan dengan standar medical grade serta anti bacterial.

“Pada show unit ini, National Hospital hanya menampilkan 2 (dua) tipe kamar dari total 7 (tujuh) tipe kamar yang kami miliki, yakni Ruang Rawat Inap Kelas 1 Executive dan Kelas 1 untuk Anak (Pediatric) serta 1 (satu) Ruang Klinik Rawat Jalan”. Selain itu Rudy Surjanto menjelaskan bahwa dalam show unit ini menggunakan material dan peralatan yang akan digunakan nantinya di National Hospital.

Pada show unit ini kami juga memperkenalkan ambience lighting dimana penggunaan teknologi ini akan membuat pencahayaan secara otomatis mengikuti circadian rhythm yang disesuaikan dengan jam biologis manusia. Penggunaan ambience lighting yang dirancang sesuai dengan jam biologis manusia ini akan membantu pasien merasa lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak sehingga dapat mempercepat pemulihan kondisi pasien. Penggunaan lampu yang di desain sesuai mengikuti circadian rhythm ini sangat diperlukan untuk mengurangi permasalahan susah tidur yang kerap kali timbul pada pasien yang diakibatkan oleh lampu ruang kamar yang intensitas pencahayaannya yg sama dari waktu ke waktu. Selain itu juga pada lampu-lampu lain di National Hospital juga tidak menggunakan lampu direct lamp yang membuat silau mata pasien ketika melihat bohlam lampu, ungkap Rudy Surjanto. National Hospital akan menjadi rumah sakit pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi ini pada ruang rawat inapnya.

Sinarto Dharmawan menambahkan bahwa untuk interior kami merancang sedemikian rupa agar meningkatkan keselamatan pasien serta mengurangi cidera yang mungkin timbul, kami menghindari sudut-sudut runcing pada lemari. Pada kamar mandi kami berikan handling memutar yang dapat digunakan sebagai pegangan pasien. Dalam show unit ini kami juga menampilan keunggulan lainnya dari National Hospital yakni penggunaan kabel serat optic untuk komunikasi data, suara, dan gambar dengan kualitas full high definition (1080p). Melalui pengimplementasian teknologi ini di seluruh bangunan gedung menyebabkan gedung National Hospital dapat dikategorikan sebagai The Smart Building.

“Dalam segi penerapan teknologi informasi, National Hospital akan menjadi rumah sakit pertama di Indonesia yang menerapkan Medical Decision Support System (MDSS) dengan tujuan keamanan pasien (patient safety). Melalui sistem ini, setiap tenaga medis dibantu dengan piranti lunak panduan untuk menegakkan diagnosa medis sesuai dengan symptom atau gejala yang terjadi pada pasien serta penanganannya. Kami juga menerapkan sistem manajemen informasi rumah sakit melalui penerapan electronic medical record secara penuh dan terintegrasi dengan Laboratory Information System, serta Radiology Information System, “terang Rudy Surjanto.

Selain itu juga Sinarto Dharmawan menceritakan bahwa National Hospital ini merupakan rumah sakit pertama di Indonesia yang menggunakan system vacum terpadu. Alat ini digunakan untuk menjaga tingkat kebersihan yang maksimal dari debu, virus, maupun bakteri yang berada diudara dalam lingkungan rumah sakit. Alat vacum cleaner tersebut akan diletakkan disetiap kamar perawatan baik rawat inap maupun rawat jalan dan area lainnya. Untuk mesin vacum cleaner tersebut ditempatkan di ruang khusus yang terpisah dan terpusat (sentralisasi). Pemisahan mesin alat hisap debu ini bertujuan untuk menjaga perputaran udara di kamar dan ruang lainnya agar sehat tanpa tercampur kembali dengan partikel yang sudah dihisap dikamar tersebut atau kamar lainnya. Karena system mesin Vacum Cleaner yang dipakai dipasaran atau portable vacum cleaner bekerja dengan mekanisme isap/suck dan tiup/blow yaitu banyaknya partikel yang terhisap oleh alat vacuum namun disemburkan kembali oleh alat tersebut sehingga mengakibatkan udara masih terkontaminasi oleh debu-debu yang dihisap sampai kantong pembuangan diganti.

National Hospital Show Unit ini terbuka untuk umum, Senin-Jumat dengan perjanjian, Sabtu & Minggu: 18.00 - 22.00, atau diluar jam tersebut bisa menghubungi Deddy P. Effendi 081 7300 710


Informasi lebih Lanjut hubungi:
National Hospital
Deddy Poerwanto E
Public Relation
P : +62 31 2975-777
F : +62 31 2975-799

E : info@national-hospital.com

Arsip