Jun
20

Kini dokter di National Hospital Bisa Pantau Pasien Lewat Tablet Windows 8

Posted By: Admin

Kini dokter di National Hosptal bisa pantau pasien lewat tablet Windows 8

Jum'at, 20 Juni 2014 | 07:54 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: National Hospital bersama Microsoft melakukan terobosan baru di dunia medis Indonesia melalui penggunaan aplikasi Sphaira mobile yang memiliki kemampuan memantau pasien dan memberikan informasi secara tepat waktu dari jarak jauh, serta akses ke data rekam medis melalui perangkat tablet Windows.8.

Terobosan ini mampu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan berkat tersedianya akses ke rekam medis pasien dari manapun secara aman, sehingga memungkinkan dokter melakukan tindakan secara cepat dan akurat.

Windows 8 merupakan sistem operasi modern yang dilengkapi fitur-fitur yang memudahkan pekerjaan, seperti Live Tiles yang memungkinkan status kondisi pasien ditampilkan setiap saat, sehingga dokter dapat terus mengikuti perkembangan pasiennya. Sementara itu, berbagai fitur keamanan kelas enterprise dari Windows 8 menjamin keamanan data rekam medis pasien, sehingga rumah sakit dapat memenuhi ketentuan kode etik perlindungan kerahasiaan pasien.

“Dengan solusi terintegrasi ini, aplikasi Sphaira yang beroperasidi perangkat tablet Windows 8 memberi berbagai kemudahan kepada para dokter dan perawat untuk mengawasi kondisi pasien dari jarak jauh, serta mengakses riwayat medis mereka saat berada di mana pun,” ujar Rudy Surjanto, Chief Executive Officer National Hospital dalam siaran persnya, Kamis (19/6/2014).

Rudy menjelaskan pentingnya data rekam medis sebagai dasar pengambilan tindakan, karena berisi semua catatan tentang riwayat penyakit, hasil uji laboratorium atau radiologi, hingga tindakan maupun pengobatan yang pernah diberikan.

“Jika informasi ini dapat diakses dengan mudah, dokter akan dapat mengidentifikasi gejala, mengetahui resiko alergi, serta menginstruksikan tindakan yang tepat walau sedang berada di luar rumah sakit sekalipun,” lanjutnya.

Rudy memberi contoh bagaimana aplikasi Sphaira membantu menjaga keselamatan pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD). “Ketika ada pasien yang membutuhkan tindakan segera dari seorang dokter yang sedang tidak berada di tempat, perawat harus menghubungi sang dokter. Namun pembicaraan telepon memiliki keterbatasan menyampaikan informasi secara akurat perihal situasi pasien dan tidak memungkinkan dokter mengakses rekam medisnya. Dengan Sphaira mobile, dokter dapat mengetahui kondisi pasienbeserta riwayat kesehatannya secara real-time, sehingga dapat memutuskan tindakan yang dapat dieksekusi oleh perawat yang sedang bertugas," bebernya.

Windows 8 memberiinspirasi para pembuat perangkat serta pengembang aplikasi untuk menghadirkan inovasi yang memudahkan pekerjaan para tenaga medis di tengah berkembangnya tren dan kebutuhan mobilitas. Microsoft mendorong komunitas developer untuk memanfaatkan dan mengembangkan aplikasi di ekosistem Windows 8 yang menawarkan produktivitas lebih baik untuk bekerja.

“Menggunakan perangkat komputer tablet yang ringan dan memiliki kemampuan melakukan semua pekerjaan yang biasa dilakukan di PC, staf rumah sakit dapat bekerja dengan cara yang lebih fleksibel, memberi mereka kebebasan mengakses informasi tentang pasien setiap saat, sehingga dapat menjaga mereka saat berada di manapun,” kata Bernard Saisse, Marketing & Operations Director, Microsoft Indonesia.

Penggunaan perangkat tablet Windows 8 di rumah sakit tak lepas dari peran teknologi Intel yang inovatif menghadirkan prosesor-prosesor hemat energi yang sesuai dengan kebutuhan mobilitas. “Generasi terbaru prosesor Intel dirancang khusus untuk perangkat tablet Windows 8, menjadikannya tahan digunakan seharian. Dengan desain yang tipis dan ringan, inilah perangkat masa depan yang sesuai bagi paramedis rumah sakit yang sering dituntut untuk bergerak serba cepat,” kata Harry K. Nugraha, Director of Channel Sales, Intel Indonesia.

Aplikasi Sphaira mobile dikembangkan QPro Sukses Mandiri, perusahaan lokal sistem integrasi yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun mengembangkan sistem informasi medis di berbagai rumah sakit.

“Sistem informasi medis Sphaira dirancang dengan memanfaatkan fitur-fitur Windows 8 seperti Live Tiles serta standar keamanan yang tinggi. Dengan berbagai keunggulan ini, Sphaira mobile juga memiliki potensi dikembangkan untuk dapat menerima input langsung ke dalam sistem EMR (electronic medical records), serta fungsi lain seperti penulisan resep secara elektronik,” ujar Kurniawan Leonardi, Chief Executive Officer, PT QPro Sukses Mandiri.

“Selain meningkatkan standar mutu pelayanan rumah sakitdi Indonesia, sistem informasi medis yang tersedia secara real-time memanfaatkan inovasi Windows 8 juga membantu para medis memberikan pertolongan yang lebih baik kepada pasien. Hal ini mencerminkan visi Microsoft untuk mendukung penuh transformasi dunia kesehatan dengan bermitra dengan rumah sakit dan para developer yang bergerak mengembangkan aplikasi kesehatan,” lanjut Peter Lydian, Small and Mid-Market Solutions and Partners (SMS&P) Director, Microsoft Indonesia. kbc7

Source : Kabar Bisnis

Arsip